Home » Asuransi » Pengertian dan Rekomendasi Polis Asuransi Terbaik
Rekomendasi Polis Asuransi Terbaik

Pengertian dan Rekomendasi Polis Asuransi Terbaik

Seperti yang diketahui, ada banyak istilah tentang asuransi yang sebagian besar terdengar asing di telinga masyarakat. Salah satunya ialah polis asuransi.

Sudahkah Anda memahami pengertian polis asuransi ? Jika belum, pastikan untuk menyimak ulasan di bawah ini!

Sebelum mengetahuinya, buat Anda yang sedang mencari polis asuransi mobil, salah satu polis yang paling unggul dengan manfaat segudang ialah polis asuransi mobil Mega Insurance.

Pengertian Polis Asuransi

Polis asuransi merupakan perjanjian asuransi antara perusahaan asuransi (pihak penanggung) dan nasabah (pihak tertanggung).  Di dalam polis berisikan perjanjian tentang pengalihan risiko, persyaratan hingga komitmen antara kedua belah pihak.

Untuk itu, sangat penting bagi nasabah asuransi (pembayar premi) mengetahui isi polis asuransi karena hal ini merupakan kontrak yang akan mempengaruhi kondisi di masa depan. Singkatnya, polis merupakan pedoman saat nasabah ingin mengajukan klaim. Nasabah tidak bisa menuntut hak yang tidak tercantum dalam kontrak perjanjian tersebut.

Ada banyak manfaat dari polis asuransi sebagai bukti kerja sama perusahaan dan pemegang  polis (nasabah asuransi), antara lain sebagai berikut:

  • Untuk mengetahui hak dan kewajiban pemegang polis. Selain membayar premi sebagai kewajibannya, pemegang polis atau nasabah juga memiliki hak untuk pengajuan klaim asuransi sesuai dengan kesepakatan.
  • Untuk mengetahui nilai pengurangan. Meskipun buku polis asuransi sangat tebal pastikan Anda membacanya dengan teliti. Bisa jadi perusahaan asuransi tersebut menggunakan sistem nilai pengurangan.
  • Untuk memahami skema premi asuransi. Semua kerugian akibat kerusakan telah diatur dengan jelas dalam polis. Untuk itu, pastikan Anda mempelajarinya dengan baik untuk memutuskan menerima atau menolak kesepakatan.
  • Sebagai jaminan, polis merupakan jaminan bagi kedua belah pihak yaitu pemegang polis dan perusahaan asuransi.

Setelah mengetahui informasi singkat seputar pengertian polis asuransi dan fungsinya, Anda pasti sudah bertanya-tanya kira-kira yang mana polis asuransi paling recommended. Pada dasarnya, baik atau buruknya polis asuransi tergantung dari perusahaan asuransi yang Anda pilih.

Untuk itu, pastikan Anda memilih perusahaan asuransi terpercaya yang terbukti kredibilitasnya. Sebagai informasi tambahan, pastikan Anda menyimak lanjutannya di bawah ini.

Rekomendasi Polis Asuransi Terbaik dari Mega Insurance

Dari sekian banyak polis asuransi populer, salah satu yang terbaik ialah apa yang ditawarkan oleh Mega Insurance. Mega Insurance merupakan sebuah perusahaan asuransi umum yang dikembangkan oleh PT. Asuransi Umum Mega.

Hingga saat ini Mega Insurance telah menyediakan beberapa produk polis asuransi yang digunakan masyarakat Indonesia. Beberapa di antaranya ialah asuransi mobil, asuransi perjalanan, asuransi kesehatan dan asuransi properti.

Dari semua produk tersebut, salah satu polis terbaik untuk asuransis mobil ialah polis asuransi mobil Mega Insurance.

Meskipun Mega Insurance menawarkan polis yang cukup terbatas sebagai perusahaan asuransi umum, akan tetapi Mega Insurance mampu memberikan manfaat asuransi paling bagus.

Khusus untuk asuransi mobil, berikut ini beberapa poin pentingnya:

  • Pertanggung jawaban akan diberikan jika terjadi kerusakan lebih dari 75 persen dari harga mobil untuk jenis asuransi TLO (Total Loss Only)
  • Ganti rugi terhadap kerusakan sebagian atau menyeluruh untuk jenis asuransi All Risk dengan catatan usia mobil mencapai 5 tahun.

Cara Klaim Asuransi Mega Insurance

Cara pengajuan klaim Mega Insurance tidaklah sesulit yang dibayangkan. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi Mega Insurance Assistant (MIA).

Aplikasi ini akan memudahkan Anda mengajukan klaim pada perusahaan, mempermudah proses pengiriman dokumentasi kerusakan dan berbagai dokumen penting lainnya.

Saat ini, MIA sudah bisa diunduh di Play Store bagi semua pengguna Android dan pengunduhan juga bisa dilakukan di App Store bagi pengguna iPhone.

Sebelum melakukan pengajuan klaim, pastikan Anda mengetahui prosedur pengajuan klaim asuransi melalui aplikasi MIA, yaitu:

  • Mengirim foto kerusakan dan dokumen pendukung via MIA, pastikan Anda segera melakukan hal ini setelah kejadian yang menyebabkan kerusakan. Pasalnya beberapa perusahaan asuransi memiliki batas waktu pengajuan klaim. Jika tidak ingin rugi, pastikan Anda membaca isi polis Mega Insurance sekali lagi.
  • Pihak Mega Insurance akan melakukan validasi klaim dengan memeriksa semua dokumen dan form klaim asuransi.

Apabila disetujui proses klaim bisa dilakukan. Bagi Anda pemilik polis asuransi mobil, maka mobil bisa langsung diperbaiki di bengkel rekanan Mega Insurance.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top