Pelajari Pengertian Akuntansi, Manfaat, Tujuan dan Fungsinya

Pengertian Akuntansi – Anda pasti sudah sering mendengar istilah akuntansi, bukan? Meski sangat umum, jika ditanya mengenai pengertian akuntansi itu sendiri ternyata masih banyak orang yang bingung untuk menjawabnya. Umumnya akuntansi disangkut pautkan dengan perhitungan terkait masalah keuangan perusahaan.

Namun bagi Anda yang masih bingung dengan pengertian, tujuan, dan juga fungsi dari akuntansi dalam sebuah perusahaan tidak perlu khawatir. Berikut ini akan disajikan lebih mendalam terkait definisi akuntansi, manfaat dan juga tujuannya untuk keuangan.

Pengertian Akuntansi itu Apa?

Kata ‘Akuntansi’ sendiri sebenarnya berasal dari kata ‘Accountancy’, ‘Accounting’ dan ‘Constituency’ yang kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia. Di mana akuntansi berarti sebuah proses mengidentifikasi, mengklasifikasi, menyajikan, mengolah dan mencatat data yang memiliki hubungan dengan laporan keuangan.

Tujuannya agar lebih mudah dipahami dalam pengambilan keputusan. Akuntansi juga dapat diartikan sebagai sebuah informasi yang menjelaskan mengenai kondisi keuangan sebuah perusahaan kepada beberapa pihak yang membutuhkan laporan terkait hal tersebut.

Di mana laporan tersebut akan menjadi salah satu sumber untuk mengambil keputusan tentang segala jenis kegiatan yang akan dilakukan. Dalam buku Ekonomi karya Agus Mahfudz dkk, mengartikan akuntansi sebagai sebuah proses untuk mengidentifikasi, mengukur serta melaporkan informasi terkait ekonomi.

Hal Berdasarkan pengertian akuntansi di atas, jika disimpulkan secara sederhana, akuntansi merupakan kegiatan yang menyajikan informasi mengenai ekonomi kepada beberapa pihak yang memerlukannya atau yang berkepentingan. Oleh karena itu, dalam proses pencatatan keuangan harus benar-benar dilakukan secara sistematis.

Manfaat Akuntansi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Akuntansi memiliki beberapa manfaat untuk dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya ialah sebagai penyedia informasi keuangan yang digunakan sebagai keputusan managerial dalam sebuah perusahaan. Berikut penjelasan mengenai beberapa manfaat akuntansi untuk kehidupan sehari-hari.

  • Sebagai Penyedia Informasi Keuangan

Manfaat akuntansi yang pertama untuk kegiatan sehari-sehari yaitu sebagai penyedia informasi keuangan. Nah, jika Anda menempati posisi managerial, pasti dituntut untuk mengambil keputusan secara cepat, tepat dan tidak merugikan perusahaan itu sendiri. Apalagi, dalam pengambilan keputusan Anda harus mempertimbangkan berbagai hal. Salah satunya ialah masalah keuangan dari perusahaan.

  • Sebagai Informasi untuk Pihak Eksternal

Manfaat selanjutnya yaitu sebagai informasi untuk pihak-pihak yang ingin bekerja sama. Laporan keuangan diperlukan oleh pihak eksternal seperti investor untuk menilai kinerja serta manajemen dari perusahaan tersebut. Dalam hal ini, pihak eksternal dapat melacak perkembangan serta aktivitas yang dilakukan sebuah perusahaan hanya dengan melalui laporan keuangannya.

  • Alat untuk Mengontrol dan Mengendalikan Keuangan

Dalam pengembangan perusahaan, akuntansi memiliki manfaat sebagai pengontrol dan pengendali keuangan. Dalam hal ini, akuntansi cukup berperan untuk memberikan informasi mengenai pengolahan dana perusahaan baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

  • Sebagai Alat Evaluasi

Manfaat akuntansi selanjutnya ialah sebagai alat untuk melakukan evaluasi seperti laporan keuangan bulanan. Seperti yang diketahu, evaluasi merupakan salah satu  yang dianggap penting dalam perusahaan. Sebab dengan melakukan evaluasi mengenai kinerja perusahaan pada periode sebelumnya, Anda bisa menyusun strategi untuk ke depannya.

  • Sebagai Dasar untuk Mengalokasikan Sumber Daya

Sebuah sumber daya, jika diinvestasikan dengan tepat bisa menghasilkan laba untuk perkembangan usaha. Dengan banyaknya pilihan untuk menginvestasikan sumber daya yang dimiliki, Anda bisa menjadikan informasi keuangan dalam pengambilan keputusan.

  • Membantu Keluarga Mencatat Masalah Ekonomi

Masalah keuangan sangat diperhitungkan dalam kehidupan berumah tangga. Hal ini pasti sudah dirasakan oleh Anda yang sudah menikah. Sehingga dalam hal ini, akuntansi akan berperan aktif untuk membantu masalah keuangan tersebut.

Saat membangun rumah tangga pasti banyak hal yang harus diperhitungkan. Salah satunya ialah masalah pengeluaran, yang mana harus memperhitungkan pemasukan dari pasangan maupun diri Anda sendiri.

  • Bukti Keuangan yang Dapat Dipertanggungjawabkan

Ada kalanya Anda memiliki masalah dengan orang lain tentang keuangan, misalnya hutang yang tidak kunjung dibayar dan sebagainya. Oleh karena itu, dengan adanya akuntansi masalah keuangan bisa dipertanggungjawabkan.

Fungsi Akuntansi

Selama ini akuntansi diartikan sebagai bahasa perusahaan yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai berbagai macam data keuangan. Data-data tersebut biasanya digunakan beberapa pihak terkait untuk mengambil keputusan. Setiap perusahaan membutuhkan berbagai macam informasi mengenai perusahaannya.

Namun jika secara umum hanya memerlukan dua macam informasi utama yaitu, nilai perusahaan dan informasi mengenai laba dan rugi dari perusahaan tersebut. Akuntansi membantu Anda untuk mengetahui jumlah modal dari suatu perusahaan serta perkembangannya di setiap periode.

Fungsi lain dari akuntansi ialah sebagai dasar dalam perhitungan pajak dan menentukan kebajikan manajemen perusahaan. Terakhir, akuntansi juga dapat berfungsi sebagai laporan keuangan untuk menjelaskan kepada pihak ketiga tentang kondisi tertentu dalam perusahaan dengan tepat, sehingga Anda bisa melakukan peminjaman kredit usaha.

Selain itu, akuntansi akan sangat berguna saat pelanggan Anda berhutang uang, maka hal ini akan muncul di neraca sebagai Piutang Usaha. Akuntan yang Anda miliki akan mencatat semua transaksi yang terjadi menggunakan perhitungan akuntansi.

Tujuan Akuntansi dalam Bisnis

Pada dasarnya, akuntansi memiliki tujuan untuk melakukan pencatatan, pengumpulan data serta melaporkan informasi mengenai keuangan. Selain itu, tujuan dari akuntansi juga untuk menilai kinerja, posisi keuangan serta arus kas dalam menjalankan sebuah bisnis. Jika dijabarkan lebih rinci lagi tujuan akuntansi dapat dibedakan menjadi tiga bagian, sebagai berikut.

  • Umum

Secara umum, tujuan akuntansi untuk memberikan informasi mengenai keuangan sebuah perusahaan baik secara pasif atau aktif. Selain itu, akuntansi juga menyediakan informasi mengenai perubahan sumber ekonomi perusahaan, keuangan perusahaan dan informasi lainnya terkait masalah keuangan.

  • Khusus

Sedangkan, secara khusus tujuan akuntansi ialah menyediakan informasi dalam bentuk laporan. Dimana dalam akuntansi memuat tentang posisi keuangan, perubahan posisi keuangan serta hasil usaha yang dituliskan secara wajar sesuai PABU atau GAAP.

  • Kualitatif

Jika dilihat secara kualitatif, tujuan adanya akuntansi ialah untuk memberikan informasi yang relevan serta menyampaikan informasi yang kebenarannya sudah teruji dan valid. Namun, informasi yang disampaikan harus dimengerti oleh beberapa pihak yang berkepentingan.

Selain itu, laporan keuangan harus disampaikan kepada pihak-pihak terkait atau eksternal. Dalam melakukan pembukuan akuntansi pastikan untuk memberikan informasi transaksi real time. Jangan lupa untuk menyampaikannya sesuai dengan PABU dan disampaikan secara lengkap serta memenuhi standar.

Demikian pengertian akuntansi beserta manfaat, tujuan dan juga fungsinya. Selain, menyimak informasi di atas, Anda tidak perlu lagi bingung lagi menjelaskan definisi dan juga tujuan dari akuntansi itu sendiri. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa akuntansi terdiri dari beberapa jenis yang mana masing-masing memiliki tugas berbeda-beda.

Seperti akuntansi keuangan yang khusus mempelajari transaksi keuangan. Selain itu, ada juga akuntansi biaya yang membahas tentang efisiensi biaya produksi maupun biaya-biaya lainnya. Masih banyak jenis akuntansi lain yang perlu Anda perhatikan dan pelajari lebih lanjut. Semoga informasi di atas bermanfaat!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar