Home » Artikel » 5 Hal Yang Penting Tentang Masa Pakai Oli
5 Hal Yang Penting Tentang Masa Pakai Oli

5 Hal Yang Penting Tentang Masa Pakai Oli

Oli merupakan minyak sintetis yang melindungi permukaan mesin. Keberadaan oli mesin sangatlah penting untuk mesin agar selalu bersih dan terhindar dari gesekan saat proses pembakaran, sehingga performanya selalu terjaga.

Seperti yang telah diketahui, bahwa oli mesin memang harus selalu rutin diganti. Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang masa pakai oli dan kapan Anda harus menggantinya.

Biasanya patokan pemilik mobil untuk menggantinya adalah saat telah mencapai jarak tempuh per 10.000km, padahal pada kondisi lain oli juga layak untuk segera diganti. Adapun saat-saat yang tepat untuk mengganti oli adalah sebagai berikut:

Akselerasi Mesin Lebih Lambat

Indikator masa pakai oli sudah lewat dan harus diganti adalah ketika mesin terasa makin berat kinerjanya ketika Anda menginjak pedal gas.

Biasanya kinerja mesin semakin menurun ini akan mempengaruhi akselerasi mesin yang jadi semakin lambat ketika dibawa berkendara.

Hal ini biasanya disebabkan oleh gesekan mesin yang semakin tinggi dan kualitas oli yang semakin menurun sudah tidak mampu untuk melindunginya. Jika mengalami hal ini, sebaiknya segera ganti oli mesin Anda.

Getaran Mesin Semakin Terasa

Cara lainnya untuk mengetahui apakah oli mesin Anda masih dalam kondisi layak pakai adalah dengan memperhatikan getaran mesin.

Dalam kondisi mobil menyala dan berhenti atau saat idle, apakah getaran terasa dan terdengar lebih keras? Jika iya, maka sebaiknya ganti oli mesin Anda.

Suara Mesin Mulai Kasar

Mendeteksi suara mesin sangat mudah, Anda hanya perlu menghidupkan mobil dan coba injak pedal gas dalam posisi berhenti.

Baca Juga:  File PDF Tidak Bisa Diupload Karena Terlalu Kecil? Ini Solusi Cepatnya

Jika raungan mesin terasa lebih kasar bahkan saat baru dihidupkan, ini merupakan penanda bahwa oli mesin sudah waktunya untuk diganti.

Bandingkan suara mesin dari setelah Anda mengganti oli dengan yang baru, tentu akan terasa perbedaanya.

Level Oli di bawah Indikator

Oli yang permukaannya sudah berada di batas indikator merupakan salah satu penanda masa pakainya telah habis.

Periksa apakah permukaan oli mesin berada di bawah dari level batas standar kendaraan saat kendaraan dalam kondisi dingin.

Jangan mengecek oli dalam keadaan mesin masih panas karena tentu permukaan oli mesin akan naik akibat adanya pemuaian.

Oli Mulai Menghitam

Cara lain yang mungkin perlu dicoba untuk mengetahui apakah oli Anda masih layak pakai adalah dengan mengecek kualitas oli itu sendiri.

Oli yang masih baru teksturnya licin dan berwarna bening, jika oli sudah menghitam dan keruh berarti sudah saatnya Anda mengganti oli Anda dengan yang baru.

Perubahan warna pada oli mesin ini dikarenakan fungsi oli itu sendiri untuk membersihkan bagian permukaan pada dinding silinder.

Dinding silinder mudah terkena kerak, karbon akibat proses oksidasi. Oleh sebab itu oli bisa berubah warna menjadi hitam.

Oli yang berubah warna menjadi hitam bisa menjadi penanda bahwa sudah saatnya oli mesin diganti jika memang sudah digunakan dalam waktu lama dengan kondisi jalanan macet atau tanjakan.

Selain memperhatikan masa pakai oli, tentunya Anda juga perlu memeriksa kondisi komponen pendukung pada mobil yang lainnya seperti minyak rem, ban mobil, radiator dan aki mobil hingga karet wiper dan berbagai suku cadang lainnya.

Karenanya selalu pastikan Anda rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi yang terpercaya seperti bengkel dan dealer Suzuki Tangerang.

Baca Juga:  Kenali Pengertian PPh Pasal 21 Lebih Jauh

Dapatkan pelayanan terbaik dari teknisi profesional untuk memeriksa kondisi mobil Anda.

Dapatkan juga produk oli terbaik Suzuki Ecstar yang dijamin keasliannya. Kunjungi dan percayakan perawatan kendaraan hanya di bengkel dan dealer resmi Suzuki yang memiliki.

Rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top