Macam-Macam Software Akuntansi

Berbagai Macam-Macam Software Akuntansi Beserta Keunggulannya

Macam-Macam Software Akuntansi – Semakin berkembangnya zaman, semakin menuntut pula penggunaan teknologi di sebuah instansi. Salah satunya ialah tuntutan untuk perhitungan akuntansi supaya lebih mudah. Di mana pada masa kini macam macam software akuntansi bisa Anda temukan dan gunakan dengan mudah.

Beberapa software tersebut disediakan secara gratis maupun berbayar untuk tools tertentu. Namun, hal itu bukan halangan selama pekerjaan akuntansi Anda bisa terselesaikan dengan mudah dan cepat. Mau tau apa saja software yang bisa Anda gunakan? Berikut penjelasan mengenai software akuntansi beserta keunggulannya.

10 Rekomendasi Software Akuntansi

Macam macam software akuntansi bisa Anda temukan di internet maupun Google play. Untuk mengunduhnya pun sangat mudah, namun permasalahannya Anda harus menentukan software apa yang diperlukan. Sebab, setiap software memiliki keunggulannya masing-masing. Daripada bingung, cek beberapa rekomendasi software akuntansi berikut.

Wave Accounting

Software pertama yang direkomendasikan untuk Anda adalah Wave Accounting. Di mana software akuntansi ini bisa Anda gunakan secara gratis dan pastinya tidak mengecewakan. Sebab, software ini bisa melakukan pengiriman Invoice, membuat kuitansi, mencatat laporan akunting dan sebagainya.

Di dalam Wave terdapat fitur scanning, yang mana fitur tersebut bisa melakukan scan kuitansi menggunakan aplikasi yang tersedia di android maupun iOS. Software ini sudah dipercaya dan digunakan oleh ratusan ribu pengguna. Walaupun software ini disediakan secara gratis, namun untuk beberapa fitur Anda harus membayarnya.

Sage

Sage cocok untuk Anda yang memiliki bisnis skala menengah, sebab software ini bisa terintegrasi dengan Microsoft 365. Software ini mempunyai lima tampilan data yang masing-masing data bisa Anda lihat secara menyeluruh. Apalagi, software ini unggul dalam tracking inventaris barang-barang.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dalam Arti Vendor Dan Jenisnya Dalam Usaha Dagang

Seperti software sebelumnya, Sage memiliki paket premium untuk beberapa fiturnya. Paket premium Sage terdiri dari tiga jenis yaitu Sage X3, Sage 3000loud dan Sage ORM. Dari ketiga paket premium tersebut Anda bisa menggunakan fitur premium nya seperti laporan keuangan, laporan proyek, manajemen rantai pasokan dan produksi.

Zipbook

Zipbook merupakan software akuntansi gratis dan sangat cocok digunakan oleh UMKM. Walaupun software ini diberikan secara gratis, namun fitur yang berada di dalamnya pun cukup lengkap. Apalagi software ini menjadi pilihan bagi para freelance atau pekerja lepas untuk mengatur keuangan.

Software ini juga memperhatikan kenyamanan untuk para penggunanya, yaitu dengan adanya layanan live chat yang selalu aktif saat jam kerja. Namun, jam kerja yang dimaksud di sini ialah jam kerja luar negeri. Sebab, software ini belum ada di Indonesia.

Baca juga : Macam Macam Jurnal Akuntansi

Hal itu bukanlah masalah untuk menggunakan software akuntansi ini. Sebab, selain memberikan layanan live chat, Zipbook juga memiliki beberapa keunggulan yang bisa Anda nikmati. Salah satunya ialah fitur Intelligence yang berfungsi untuk memberikan skor terhadap kesehatan bisnis Anda.

Anda juga bisa menikmati tampilan yang bersih dan menarik dari software ini. Yang lebih menariknya lagi, Anda tidak perlu menginstal aplikasi ini sehingga bisa digunakan dimana pun dan kapan pun.

Kledo

Software ini bisa Anda gunakan untuk mengelola keuangan bisnis seperti cash dan flow, kas dan beban hutang usaha dan lain sebagainya. Selain mengelola keuangan bisnis, Anda juga bisa menagih hutang secara otomatis pada costumer. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Kledo ialah pembuatan invoice.

Kledo juga menyediakan berbagai macam informasi lengkap yang berkaitan dengan status pembayaran dari sebuah tagihan. Anda juga bisa membuat laporan real time atas tagihan yang sudah jatuh tempo. Pengontrolan terhadap arus kas, persediaan, penawaran dan lainnya bisa Anda lakukan dengan mudah.

Baca Juga:  Ketahui Macam Macam Jurnal Akuntansi untuk Mencatat Keuangan

Semua hal itu, bisa Anda lakukan secara real time, karena inilah Kledo menjadi software yang cocok untuk UMKM. Dengan bantuan software ini, pengelolaan keuangan bisnis Anda akan berjalan secara semi otomatis untuk mengelola invoicing, inventory, purchasing dan analisis performa bisnis.

Jurnal

Software ini cocok digunakan untuk bisnis yang memiliki skala kecil hingga menengah. Sebab, aplikasi ini merupakan salah satu dari berbagai macam software yang berbasis cloud. Aplikasi ini merupakan software gratis yang mudah digunakan dalam pembuatan laporan keuangan agar lebih akurat dan tepat.

Dalam situs resminya dijelaskan bahwa software ini memiliki fitur lengkap untuk pencatatan keuangan, pencatatan biaya, pembuatan faktur, persediaan, manajemen, pemasukan, pengeluaran dan sebagainya.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh software ini, Anda bisa menggunakannya dimana pun dan kapan pun dengan mudah. Jika Anda masih ragu menggunakan software ini, silakan melakukan uji coba gratis selama 14 hari.

Zahir

Software satu ini tidak perlu Anda ragukan lagi. Sebab, Zahir berhasil memenangkan penghargaan software akuntansi terbaik di Indonesia yang memiliki banyak pengguna. Apalagi, fitur yang disediakannya terdiri dari berbagai macam tools yang sangat membantu dalam proses akuntansi.

Baca juga : Pembukuan Sederhana

Zahir menyediakan berbagai macam fitur standar dan 9 fitur yang sangat menarik. Fitur standar dari Zahir terdiri dari penjualan, pembelian, persediaan, laporan keuangan dan sebagainya.

Sedangkan, fitur menarik yang dimiliki software ini ialah chart of account, pengurusan persediaan, dasbor analisis bisnis, pengingat, OS Windows, e-faktur pajak, rekonsiliasi bank, jurnal otomatis dan department & job costing.

GnuCash

Software ini diperuntukkan untuk pengusaha kecil menengah yang memiliki fitur cukup lengkap seperti accounting invoicing, account payables, tax table, depresiasi nilai dan sebagainya.

Baca Juga:  Pengertian Kapitalisme dan Pengaruhnya Terhadap Pengusaha

Selain itu, ada juga fitur double entry checking yang memudahkan Anda untuk melacak pendapatan dan pengeluaran usaha. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut salah dalam menginput data, sebab fitur tersebut akan mendeteksi kesalahan yang Anda lakukan.

Equip

Software satu ini berasal dari Singapura dan termasuk aplikasi akuntansi baru di Indonesia. Aplikasi ini mulai debut sejak tahun 2008 yang dikembangkan oleh HashMicro. Walaupun begitu, berbagai perusahaan di Indonesia menggunakan aplikasi ini untuk keperluannya

Software ini menyediakan beberapa fitur yang berguna untuk masalah pengelolaan uang seperti manajemen nota debit dan kredit, manajemen multi mata uang, manajemen pajak terlokalisasi, manajemen faktur dan pembayaran, pembuatan laporan keuangan, rekonsiliasi rekening bank, akun analitis dan lainnya.

Software ini akan membantu Anda untuk memperkirakan performa keuangan melalui salah satu fiturnya yaitu financial forecasting. Perangkat lunak ini juga akan membantu Anda untuk melacak laba dan rugi dari setiap divisi dan lokasi perusahaan.

Equip cukup berbeda dengan software lainnya, yang mana aplikasi ini tidak ada batas lisensi untuk sebuah perusahaan. Sehingga aplikasi ini bisa digunakan sebanyak mungkin oleh pihak yang diberikan akses tanpa biaya tambahan. Sistem yang digunakan oleh Equip sudah terintegrasi.

Nah, itu dia macam macam software akuntansi yang bisa Anda gunakan untuk keperluan bisnis maupun hal lain yang berhubungan dengan laporan keuangan. Dari rekomendasi di atas, Anda bisa memilih software yang cocok dengan kebutuhan UMKM atau perusahaan. Pastikan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu sehingga Anda yakin untuk memilihnya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top