Cara Video Call WhatsApp Web

Cara Video Call WhatsApp Web? Begini Langkahnya Yang Harus Kamu Tahu

Cara Video Call WhatsApp WebSiapa bilang video call whatsapp hanya bisa dilakukan lewat ponsel? Sekarang ini fitur panggilan video juga dapat kamu nikmati di whatsapp web. Mau tahu bagaimana cara video call whatsapp web? Yuk simak berikut ini.

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi pesan instan terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna whatsapp sangatlah banyak. Seiring dengan kepopulerannya, saat ini whatsapp masih terus dikembangkan.

Salah satu pengembangannya yaitu kemudahan aksesnya yang bisa lewat web. Ya, kamu kini juga bisa gunakan berbagai fitur whatsapp melalui web. Termasuk untuk video call. Tahu caranya? Meski tidak semudah di ponsel, tapi tidak sulit kok. Berikut informasinya dari halaman rogcommunity.id yang kami simpulkan.

Apakah Bisa WhatsApp Web Untuk Video Call?

Umumnya whatsapp begitu disukai karena praktis dan fungsional. Apalagi dengan fitur video call-nya. Pengguna layanan ini terus bertambah dari waktu ke waktu. Wajar saja, melihat kebutuhan komunikasi tatap muka online saat ini memang terus meningkat.

Terlebih selain di ponsel, fitur tersebut juga bisa digunakan lewat whatsapp web di PC. Ya, jika kamu kira video call tidak bisa lewat whatsapp web maka kamu salah. Terdapat step-stepnya sendiri untuk cara video call whatsapp web ini, mau tahu?

Bukan melalui aplikasi yang sebelumnya sudah diunduh di komputer kamu. Melainkan melalui peramban atau web browser yang ada. Bagaimana bisa? Sekarang di whatsapp web juga tersedia fitur panggilan video. Jadi kamu dapat memanfaatkannya untuk video call kapan pun kamu mau.

Baca Juga:  Canva, Aplikasi Pembuat Poster Gratis Terbaik Dan Cara Menggunakannya

Whatsapp web sendiri adalah whatsapp yang dapat diakses melalui web browser. Ini berbeda dengan whatsapp dekstop. Di mana whatsapp web hanya butuh browser tanpa perlu aplikasi tambahan. Lalu bagaimana cara video call whatsapp web?

Baca juga : Cara Transfer Pulsa Sesama Telkomsel

Pertama-tama kamu harus tahu dulu cara menggunakan whatsapp web berikut ini:

  1. Buka browser pada perangkat komputer lalu masuk ke halaman Whatsapp web. Di alamat URL https://web.whatsapp.com.
  2. Buka juga aplikasi whatsapp pada smartphone kamu. Kemudian klik tap ikon (:) titik tiga di pojok kanan atas. Pilih whatsapp web dan tap ikon +.
  3. Selanjutnya pada layar hp akan ditampilkan mode kamera scan barcode. Kamu langsung saja scan QR Code yang ada di web untuk menghubungkan.
  4. Tunggu beberapa saat hingga whatsapp selesai melakukan sinkronisasi.
  5. Bila tampilan riwayat whatsapp sudah muncul maka proses telah berhasil.
  6. Kamu sudah bisa gunakan whatsapp web.

Cara Video Call di WhatsApp Web

Video call di whatsapp web sejatinya bisa dilakukan dengan memanfaatkan Messenger Rooms dari Facebook. Walau begitu, bila kamu tidak memiliki akun facebook juga tak masalah. Layanan ini tetap dapat kamu lakukan meski tanpa ada akun facebook.

Nah, bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara video call whatsapp web, berikut ini langkah-langkahnya yang bisa kamu perhatikan:

  1. Akses laman whatsapp web di peramban atau web browser.
  2. Buka ruang obrolan individu atau grup.
  3. Klik opsi ‘Lampiran’ atau ikon bergambar klip kertas.
  4. Setelah itu pilih menu ‘Room’ atau yang memiliki gambar kamera video. Maka kamu akan diarahkan ke Messenger. 
  5. Klik ‘Lanjutkan di Messenger’ dan kamu akan dialihkan ke situs web Messenger. Di halaman Messenger ini, masukkan username dan sandi akun facebook kamu. Jika sudah pernah login maka tinggal lanjut ke langkah berikutnya saja.
  6. Selanjutnya, klik ‘Lanjutkan’ dan pilih ‘Coba’. Di tahap ini kamu diminta membuat nama forum. Setelah itu layar akan memberikan tautan link.
  7. Copy-paste link tautan terlampir lalu kirimkan ke individu atau grup yang ingin dilakukan video call.
  8. Klik ‘Kirim’. Maka kamu otomatis akan terhubung untuk melakukan panggilan video call melalui whatsapp web.
  9. Terakhir, jangan lupa setting panggilan. Seperti mengaktifkan atau mematikan mikrofon dan kamera selama video call berlangsung.
Baca Juga:  Mengetahui Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Cara video call whatsapp web itu tadi berlaku jika kamu ingin membuat ruang video call atau mengundang. Sementara jika kamu adalah yang diundang, kamu bisa bergabung dengan cara berikut ini:

  1. Buka whatsapp.
  2. Masuk ke ruang chat pribadi atau grup tempat kamu menerima link tautan.
  3. Klik link undangan video call yang dikirimkan. Kamu akan diminta memilih ingin membuka tautan di web browser atau aplikasi Messenger.
  4. Setelah memilih salah satu opsi, kamu akan dialihkan ke laman sesuai pilihan. Yaitu ke aplikasi Messenger atau ke situs web Messenger.
  5. Jika kamu tidak memiliki akun facebook, maka kamu perlu memasukkan nama kamu. Kemudian tinjau panduan yang diberikan.
  6. Jika diminta, klik ‘Coba’. Lalu klik ‘Bergabung sebagai (nama)’ atau ‘Bergabung sebagai tamu’.
  7. Penting diperhatikan bahwa pembuat forum video call harus hadir. Sehingga panggilan video yang diadakan dapat dimulai.

Baca juga : Cara Membuat Thumbnail Youtube

Kelebihan Menggunakan WhatsApp Web

Jika dibandingkan wa di ponsel, cara video call whatsapp web memang agak lebih rumit. Meski demikian, penggunaan whatsapp web ternyata bisa memberi banyak kelebihan. Apa saja itu? Berikut beberapa diantaranya:

Mengirim File Lebih Mudah

Kelebihan yang pertama yaitu kemudahan mengirim file. File-file penting terkait kerjaan biasanya akan disimpan di komputer. Itu berarti kalau ingin mengirim lewat wa ponsel maka kamu harus bolak-balik menyiapkan file.

Kamu harus salin dulu file ke hp baru kemudian dikirim di wa ponsel. Tampak merepotkan bukan? Berbeda bila kamu menggunakan whatsapp web. Kamu bisa mencari dan mengirimnya langsung lewat komputer.

Meningkatkan Produktivitas

Penggunaan whatsapp web secara tak langsung juga dapat bantu meningkatkan produktivitas kerjaan. Contohnya saat membalas pesan customer service. Waktu untuk menjawab pesan bisa menjadi lebih cepat.

Baca Juga:  3 Cara Membuka Akun Facebook yang Dinonaktifkan

Kamu juga dapat bekerja dengan lebih efisien. Mengetik di keyboard komputer cenderung lebih cepat dibanding di ponsel. Draft hasil ketikan pun lebih mudah dicari dan dikirim tanpa perlu ada proses salin file.

Fleksibel

Dengan cara video call whatsapp web, kamu boleh memilih menggunakan laptop atau komputer. Apabila baterai hp sedang diisi, kamu bisa membuka wa di web. Jika handphone digunakan untuk yang lain, ini juga bisa jadi pilihan.

Menariknya, kamu juga memungkinkan gunakan keduanya sekaligus. Ya, baik wa di hp maupun di laptop, keduanya dapat kamu buka bersamaan.

Menghemat Daya Baterai Ponsel

Coba hitung berapa jam biasanya kamu main whatsapp dalam sehari? Lama kan? Jika kamu gunakan ponsel, sudah pasti daya baterainya cepat habis. Bolak-balik cek pesan apalagi video call akan membuat boros baterai.

Lain lagi jika kamu menggunakan whatsapp web. Karena whatsapp ini diakses di komputer maka ponsel dapat lebih santai. Baterainya pun dapat lebih hemat.

Itulah tadi cara video call whatsapp web untuk kamu lakukan di laptop atau perangkat komputer. Meski sedikit berbeda dengan saat di ponsel, tapi fungsinya sama. Keduanya sama-sama praktis dan akan memudahkan kamu video call dengan nyaman.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top