Begini Cara Membuat Thumbnail Youtube Di Canva dan PicsArt, Gampang Banget!

Cara Membuat Thumbnail YoutubeIngin jumlah penonton Youtube kamu terus bertambah? Kalau begitu kamu harus bikin thumbnail yang menarik. Cara membuat thumbnail Youtube tidak sulit kok. Apalagi jika kamu menggunakan aplikasi Canva atau PicsArt. Mau tahu caranya?

Menjadi youtuber memang dituntut harus kreatif. Termasuk dalam membuat thumbnail video. Jika ingin viewers tinggi, maka tampilan thumbnail tidak boleh biasa-biasa saja. Sebab itulah nantinya yang akan membuat lebih banyak penonton jadi tertarik.

Nah, tahukah kamu bagaimana cara bikin thumbnail yang menarik? Tidak perlu banyak usaha. Kamu cukup gunakan saja aplikasi tambahan guna mengedit desainnya. Misalnya seperti aplikasi Canva dan PicsArt. Selengkapnya perhatikan berikut ini.

Mengetahui Apa Itu Thumbnail Youtube

Sebelum membahas cara membuat thumbnail Youtube, tahukah kamu mana thumbnail itu? Yang dimaksud yaitu gambar kecil yang ada di bagian depan video. Ukurannya yang sekecil kuku ibu jari itulah yang membuatnya disebut thumbnail.

Secara umum, thumbnail adalah kilasan video berupa gambar dan muncul sebagai cover video. Ini layaknya metode mempercantik konten sebelum video benar-benar ditonton. Oleh karena itu perannya sangat penting untuk memikat lebih banyak viewers.

Thumbnail Youtube ini ibarat sampul buku. Kenapa? Contoh saja kalau kamu pergi ke toko buku. Kira-kira apa yang membuatmu tertarik pada buku? Sampulnya kan? Begitu juga halnya thumbnail yang dapat membuat video kamu terlihat lebih menarik.

Thumbnail memiliki ukuran 16:9. Di mana ada dua pilihan jenis thumbnail untuk video Youtube. Pertama, default thumbnail yang otomatis muncul saat video selesai diunggah. Kedua, custom thumbnail yang dibuat sendiri dan diunggah menggantikan default. Cara membuat thumbnail Youtube custom inilah yang akan kita bahas berikutnya.

Cara Membuat Thumbnail Video Youtube di Canva

Canva telah begitu dikenal sebagai salah satu aplikasi desain grafis terbaik. Tak ayal jika kamu pun sudah tidak asing dengan aplikasi ini. Tapi siapa yang tahu, ternyata kita juga bisa membuat thumbnail Youtube di aplikasi Canva ini. Sudah tahu caranya?

Baca juga : Memperbesar Ukuran Foto Online

Cara membuat thumbnail Youtube di Canva sangat mudah. Selain memiliki banyak fitur, aplikasi ini juga punya beragam template menarik. Jadi sangat membantu untuk kamu membuat thumbnail di laptop/PC maupun android dengan mudah.

Adapun berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuatnya di aplikasi Canva:

  1. Buat / login ke akun Canva. Jika baru pertama kali, kamu harus buat akun dulu. Di sini kamu bisa mendaftar dengan akun FaceBook atau Gmail. Sementara jika sudah punya akun, silahkan login untuk masuk ke halaman utama.
  2. Selanjutnya, cari template ‘gambar kecil Youtube’ untuk membuat desain.
  3. Temukan lebih banyak lagi desain template dengan ketik ‘Youtube thumbnail’ di bilah pencarian.
  4. Maka berikutnya akan muncul beragam template yang bisa kamu pilih. Mulai dari template gambar kecil Youtube musik, makanan hingga beauty. Juga tutorial, perjalanan dan banyak lagi lainnya.
  5. Jika kamu sudah menemukan template yang cocok, klik template tersebut untuk mulai membuat desain.
  6. Edit template menjadi thumbnail yang kamu inginkan. Gunakan berbagai fitur yang disediakan. Mulai dari jutaan foto, ikon dan ilustrasi. Serta fitur animasi, skema warna dan kombinasi font unik dan fitur-fitur lainnya.
  7. Terus kreasikan thumbnail menjadi sesuai yang kamu mau. Lakukan eksperimen dengan layout, atur ulang elemen dan lain sebagainya. Buat juga perubahan lain, otak-atik hingga kamu mendapatkan thumbnail yang diinginkan.
  8. Setelah membuat thumbnail Youtube selesai, unduh hasilnya ke galeri. Simpan desain thumbnail dengan klik tab Download.

Cara Membuat Thumbnail Video Youtube di PicsArt

Selain Canva, ada pula cara membuat thumbnail Youtube dengan PicsArt. Ya, di aplikasi ini kamu juga bisa buat cover untuk video Youtube kamu. Tidak jauh beda dari aplikasi sebelumnya. PicsArt juga memiliki beragam fitur yang mendukung.

Setelah mengunduh aplikasinya, kamu bisa ikuti cara membuat thumbnail Youtube di PicsArt berikut ini:

  1. Pertama, siapkan dulu background untuk thumbnailnya. Kemudian buka aplikasi PicsArt.
  2. Pada halaman utama, klik ikon plus (+). Lalu pilih ‘Semua Foto’ dan tambahkan foto background yang sudah kamu siapkan.
  3. Berikutnya kamu akan dibawa ke menu editornya. Di tahap ini kamu dapat mulai mengedit thumbnail youtube sesuai keinginan.
  4. Klik menu ‘Alat’ lalu pilih ‘Potong Gambar’. Lanjutkan dengan pilih ukuran 16:9 untuk menyesuaikan dengan ukuran khusus thumbnail Youtube. Kemudian klik ikon centang.
  5. Jika sudah, kamu tinggal edit desain thumbnail sesuka yang kamu mau. Gunakan berbagai fitur yang sudah disediakan. Seperti fitur tambah foto, coretan, warna background dan jenis font unik.
  6. Tambahkan juga ornamen lain seperti stiker, emoji dan lainnya. Klik menu Stiker dan masukkan kata kunci di bagian ikon search.
  7. Setelah thumbnail Youtube selesai dibuat, simpan hasilnya ke galeri. Pilih ikon download yang ada di bagian atas layar.

Tips Membuat Thumbnail Youtube Lebih Menarik

Pada dasarnya siapapun dapat membuat thumbnail Youtube dengan bantuan aplikasi. Bahkan bagi yang tidak berpengalaman sekalipun, itu mudah saja. Tapi untuk mendapat hasil yang memuaskan tentu dibutuhkan keahlian.

Baca juga : Cara Download di Scribd

Untuk itu, selain mempelajari cara membuat thumbnail Youtube, ketahui juga beberapa tips agar thumbnail jadi lebih menarik berikut ini:

  • Buat Teks yang Tebal dan Besar

Ini mungkin kedengaran sepele. Namun faktanya, teks yang tebal dan besar lebih mudah menarik perhatian. Maka dari itu, kamu mungkin bisa konsisten dengan gaya font yang sama. Juga dengan warna yang mengesankan untuk thumbnail.

Ingat, kebanyakan orang lebih cenderung baca teks pada thumbnail. Bukannya teks dalam kolom deskripsi yang ada di bawah video Youtube kamu.

  • Tambahkah Headshot yang Ekspresif

Daripada gambar wajah yang biasa saja, lebih baik gunakan yang penuh ekspresi. Kenapa? Pasalnya ekspresi wajah dapat membuat orang jadi penasaran. Mereka akan bertanya-tanya apa alasan di balik ekspresi itu. Sehingga sadar atau tidak akan tergugah untuk memutar video.

Namun perlu dicatat, gambar itu tidak harus close up wajah. Kamu bisa gunakan gambar lain sesuai jenis video kamu.

  • Tambahkan Efek Stiker ke Subjek Utama

Ini dapat kamu lakukan agar tampilan subjek utama thumbnail lebih menonjol. Pilih stiker yang sesuai video untuk kamu tambahkan di sana. Hal ini berguna untuk menciptakan desain yang kuat. Sehingga thumbnail Youtube kamu terlihat jadi makin menarik.

  • Teknik Kontras dalam Desain Thumbnail

Memasukkan teks sebagai judul video Youtube memang penting. Tetapi itu tidak ada gunanya jika penonton tidak bisa membacanya. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan teknik kontras dalam desain thumbnail. Itu akan berguna memudahkan penonton agar lebih mudah membacanya.

Nah, sekarang kamu sudah tahukah cara membuat thumbnail Youtube? Baik di aplikasi Canva maupun PicsArt, keduanya sama-sama mudah dilakukan. Jadi gunakan saja salah satunya dengan tetap perhatikan tips di atas.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar