Panduan Membuat Daftar Pustaka di Word Secara Otomatis, Tidak Ribet

Cara Membuat Daftar Pustaka di Word – Ketika sedang membuat karya tulis, pengarang pasti wajib mencantumkan daftar pustaka pada halaman terakhir. Ini bertujuan untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada pembaca mengenai karya yang ditulis tersebut. Nah, bagi Anda yang masih pemula mungkin akan sedikit merasa kesulitan dalam membuat daftar pustaka.

Akan tetapi, sebenarnya membuat daftar pustaka itu cukup mudah bisa dilakukan secara otomatis melalui Microsoft Word. Pembuatan daftar pustaka ini tidak hanya berguna saat menulis makalah, tetapi juga artikel ilmiah, jurnal, hingga skripsi. Berikut informasi selengkapnya mengenai cara membuat daftar pustaka di word yang sayang jika dilewatkan.

Pengertian Daftar Pustaka

Daftar pustaka atau daftar referensi adalah sebuah daftar yang mencakup informasi referensi dari kutipan karya ilmiah. Sumber daftar pustaka bisa berasal dari buku, artikel, website, maupun bahan penerbitan lainnya yang dijadikan referensi. Daftar pustaka ini harus dicantumkan pada karya tulis ilmiah, misalnya skripsi, tesis, disertasi, tugas akhir, hingga artikel jurnal.

Meskipun membuat daftar pustaka terkesan mudah, namun sebenarnya bagian ini juga cukup sulit dan ribet karena penulisannya harus sesuai dengan aturan format yang berlaku. Di dalam daftar pustaka selalu dicantumkan nama penulis, judul penulisan, tahun terbit, serta penerbit dan identitas penerbit.

Melalui daftar pustaka ini, diharapkan para pembaca bisa memperoleh informasi lebih jelas dari sumber aslinya. Selain itu, dengan menyertakan daftar pustaka maka karya tulis yang disajikan penulis akan lebih kuat validitas dan kredibilitasnya. Serta, dapat memperkuat argumen-argumen yang dikemukakan dan menjelaskan teorinya menjadi lebih rinci untuk menghindari plagiarisme.

Apabila sumber kutipan yang ditulis sedikit, tentu tidak masalah menulis daftar pustaka secara manual dan mengatur formatnya menggunakan tools “Ruler”. Akan tetapi, jika sumber yang dikutip terlalu banyak pasti akan menyulitkan Anda dalam membuat daftar pustaka.

Nah, sehingga untuk memudahkan hal itu Microsoft Word juga memberikan cara praktis dan cepat. Melalui fitur “Citation & Bibliography”, Anda bisa menulis daftar pustaka otomatis dan ringkas.

Cara Praktis Membuat Daftar Pustaka di Word

Nah, setelah Anda mengetahui apa itu daftar pustaka, kini saatnya menyimak cara membuat daftar pustaka di word secara otomatis agar terlihat rapi.

Buka file dokumen yang terdapat di Microsoft Word untuk diberikan daftar pustaka

Langkah pertama, silahkan Anda membuka dokumen karya tulis yang ingin diberikan daftar pustaka. Kemudian, cari dan tandai kalimat kutipannya untuk dibuat daftar pustakanya. Misalnya, Anda bisa mewarnai kalimat dengan warna lain atau dengan cara ditebalkan.

Baca juga : Cara Memperbesar Ukuran File PDF

Menulis sumber kutipan

Sesudah Anda menemukan kalimat kutipannya, letakkan kursor di bagian akhir kalimat. Lalu pilih halaman sebagai tempat menyisipkan daftar pustaka yang umumnya berada di halaman paling akhir.

Jangan lupa juga untuk mengatur gaya penulisan pada submenu “Style”. Disini Anda bisa memilih apakah menggunakan standar APA, Harvard, Chicago, dan lain-lain.

Kemudian, pada menu bar klik tab “References”. Klik submenu “Insert Citation > Add New Sources” di kolom Citations & Bibliography untuk menyisipkan kutipan langsung pada area kursor aktif.

Isi informasi pada kolom sumber kutipan

Nah, setelah itu akan muncul tampilan kolom jendela “Create Sources”. Silahkan Anda mengisi semua informasi pada kolom sesuai dengan sumber kutipan dokumen Anda.

Sumber informasi yang harus Anda isi antara lain, nama penulis, tahun terbit, kota terbit, dan penerbit. Anda juga bisa mengisi URL website dengan cara mencentang “Show All Bibliography Files”.

Pada bagian “Type of Source” Anda juga perlu menyisipkan jenis sumbernya. Beberapa opsi yang bisa dipilih seperti buku,  jurnal, artikel, prosiding, website, dan sebagainya. Pilih sesuai sumber yang Anda gunakan. Setelah semuanya terisi selanjutnya, klik “Ok”.

Atur format penulisan pada sub menu “Bibliography”

Langkah terakhir dalam cara membuat daftar pustaka di word adalah menentukan format penulisan daftar pustaka sesuai standar bibliografi dan referensi. Caranya, pada menu “References” klik submenu “Bibliography” kemudian klik “Insert Bibliography”.

Nah, nantinya sumber kutipan yang Anda tulis akan otomatis muncul pada halaman daftar pustaka dengan format penulisan yang rapi dan gaya penulisan yang benar.

Tambahkan sumber kutipan lain pada daftar pustaka

Apabila Anda ingin menambahkan sumber kutipan lain, caranya pun cukup mudah tidak perlu menulis satu per satu. Anda bisa mengarahkan kursor di bagian mana saja pada daftar pustaka, lalu klik kanan dan pilih “Update Citations and Bibliography”. Selesai.

Baca juga : Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Cara Mengurutkan Daftar Pustaka di Word Dengan Cepat

Penulisan daftar pustaka yang baik dan benar harus diurutkan sesuai abjad. Nah, untuk mengurutkannya Anda juga tidak perlu waktu lama karena bisa diurutkan secara otomatis pula. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Setelah penulisan daftar pustaka, Anda bisa mengurutkannya dengan cara blok daftar pustaka yang ingin diurutkan sesuai abjad.
  2. Lalu, pada menu “Home > Paragraph” silakan klik tools “Sort”.
  3. Kemudian, akan muncul jendela “Sort Text”. Pada kolom “Type” pilihlah “Text” dan centang “Ascending” untuk mengurutkannya sesuai abjad dari atas yakni huruf A sampai Z. Sementara “Descending” untuk mengurutkannya secara terbalik dari huruf paling bawah.
  4. Apabila semuanya sudah diatur, Anda bisa klik “Ok” dan secara otomatis daftar pustaka yang Anda ketik akan otomatis diurutkan.
  5. Terakhir, atur jarak masing-masing daftar pustaka pada menu “Page Layout”. Di bagian “Spacing > After”, Anda bisa mengatur ukuran jarak spasi setelah kalimat sesuai yang diinginkan.

Macam-Macam Gaya Penulisan Daftar Pustaka

Terdapat beberapa gaya penulisan yang sering digunakan pada daftar pustaka, berikut diantaranya.

  • American Psychological Association Style (APA Style)

Gaya penulisan ini biasanya diterapkan pada bidang keilmuan psikologi, ilmu kognitif, ilmu sosial, dan lain-lain. Untuk tata cara penulisannya sebagai berikut:

Nama akhir pengarang, J. (Tahun terbit). Judul buku. Judul Jurnal Penerbit, volume (Edisi), nomor halaman.

Contoh:

Cotton, M.J. (2007): Kinetics Of Gasification Of Brown Coal. Journal of American Chemical, 64, 72 – 83.

Perlu diperhatikan bahwa dalam penulisan daftar pustaka APA Style harus menggunakan spasi ganda, serta harus menggunakan huruf kapital pada setiap judul dan subjudulnya. Untuk formatnya, pada baris pertama harus rata kiri dan baris lainnya diberikan jarak spasi.

  • Modern Language Association (MLA Style)

Jika dibandingkan gaya penulisan lainnya, MLA Style menggunakan format yang cukup mudah dan sederhana. Format ini biasanya diterapkan pada bidang keilmuan seperti seni, sastra dan bahasa, dan humanisme misalnya ilmu sosial, ilmu budaya, kewarganegaraan, dll. Untuk tata cara penulisannya yakni sebagai berikut.

Nama akhir pengarang, Nama depan. “Judul artikel”. Judul Jurnal Penerbit Edisi (Tahun terbit): Nomor halaman.

Contoh:

Rifai, Mien A. “Pegangan Gaya Kepenulisan dan Penyuntingan”. Jurnal Soedirman 10 (2009): 65 – 74.

Demikian informasi tentang cara membuat daftar pustaka di word yang dapat Anda terapkan. Dengan mengikuti cara ini, Anda sudah tidak perlu susah-susah lagi mengatur format daftar pustaka secara manual. Cukup dengan memanfaatkan tools otomatis yang ada di Microsoft Word. Selamat mencoba.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar