Home » Artikel » ASUS Gelar Business Workshop Seputar Digital Marketing di Surabaya 
ASUS Workshop Surabaya

ASUS Gelar Business Workshop Seputar Digital Marketing di Surabaya 

ASUS bikin acara Bussiness Workshop dan collab bareng digital marketer terkenal. Acara ini digelar di Surabaya pada tanggal 22 Juni 2022. 

Sesuai namanya, ASUS Business Workshop adalah acara seminar yang diperuntukkan buat para pelaku bisnis. Bukan sekedar seminar bisnis biasa, workshop ini lebih menargetkan ‘gimana caranya promosi bisnis’ dengan memanfaatkan media online

Seperti yang kita tahu, sekarang ini media online tengah ‘didewakan’ oleh banyak orang. Pasalnya jenis media yang satu ini terbukti bisa membantu mendongkrak popularitas bisnis atau suatu brand

Sayangnya karena media online terbukti ampuh mengangkat level bisnis di era digital, kebanyakan pebisnis langsung berlomba-lomba untuk promosi via media online. Hasilnya bisa kita lihat, sekarang media online penuh sesak dengan persaingan bisnis yang semakin panas. 

Nah pertanyaannya, gimana sih cara menampilkan bisnis di tengah dunia maya yang sangat riuh tersebut? Ini dia solusi yang coba dihadirkan ASUS lewat acara ASUS Business Workshop di Surabaya. 

Solusi Promosi Bisnis di Era Digital 

Workshop kali ini berusaha menghadirkan solusi bisnis yang sedang dibutuhkan oleh banyak orang. Yakni tentang bagaimana caranya bikin bisnis/brand tetap mencolok di tengah ramainya persaingan di dunia maya. 

Apalagi semenjak pandemi COVID-19 mewabah, orang-orang akhirnya ditampar kenyataan bahwa eksistensi dan aktivitas online benar-benar penting untuk mempertahankan bisnis. 

Sementara itu berbicara tentang media online, tentu kita semua sudah tahu apa saja yang termasuk di dalamnya. Seperti media sosial, aplikasi chat online, marketplace sampai kurir online. 

Nyatanya, sekedar rajin posting di media sosial dan menggunakan layanan online nggak cukup. Supaya bisa tetap eksis di tengah padatnya lalu lintas dunia maya, dibutuhkan langkah yang lebih strategis, efisien dan tentunya konsisten. 

Baca Juga:  Kenali Pengertian PPh Pasal 21 Lebih Jauh

ASUS Business Workshop 

Acara workshop digital marketing ini digelar pada tanggal 22 Juni 2022 mulai pukul 12.00 WIB, di Surabaya. Acara spesial dari ASUS ini dihadiri oleh 30 peserta. 

Dalam acara ini, ASUS Business turut menghadirkan dua pembicara. Yang pertama ialah Muhammad Firman, Head PR ASUS Indonesia. Sementara yang kedua adalah Afit Husni, salah satu digital marketer terkenal dari Yogyakarta dengan pengalaman 15 tahun di bidang ini dan telah membangun beberapa start-up digital

Muhammad Firman, Head PR ASUS Indonesia
Muhammad Firman, Head PR ASUS Indonesia

Dimulai dari Mas Firman dulu. Beliau menjelaskan tentang ASUS Business yang memberikan solusi untuk bisnis serta UMKM. Tidak hanya itu, Mas Firman juga turut mengenalkan berbagai produk unggulan ASUS yang bisa menunjang aktivitas pebisnis secara digital. 

Salah satunya yakni produk ASUS Expertbook. Berbagai laptop dari lini ASUS Expertbook dirancang sebagai solusi laptop bisnis. Kenapa begitu? Karena lini ini menyajikan laptop dengan desain, fitur dan teknologi yang bisa menunjang aktivitas bisnis. Tidak hanya itu, laptop-laptop ASUS Expertbook juga telah mengantongi standar industri sehingga cocok dibawa pebisnis bekerja secara outdoor

Afit Husni Karim, Urbandigital
Afit Husni Karim, Urbandigital

Kemudian kita bertemu dengan Mas Afit. Dalam acara tersebut, Mas Afit turut membocorkan rahasia “HOW TO MAKE YOUR BRAND PROFITABLE WHILE YOU ARE SLEEPING.” 

Mas Afit turut membagikan seperti apa pengalamannya selama 15 tahun berkarir di dunia digital marketing. Mas Afit juga turut membocorkan apa saja hal penting untuk membangun serta menjaga keberlangsungan bisnis agar sukses di jagat maya. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pebisnis saat ingin ‘memantapkan brand-nya’ di jagat maya. Yakni mulai dari branding, networking, serta mengoptimalkan sarana online termasuk media sosial serta website. 

Baca Juga:  File PDF Tidak Bisa Diupload Karena Terlalu Kecil? Ini Solusi Cepatnya

Pengembangan bisnis melalui branding bisa dilakukan dengan menggunakan logo, pemilihan warna dan identitas brand yang unik. Dengan begitu konsumen akan mudah mengingat bisnis kita. Lalu saat mereka mencari produk/jasa tertentu yang sesuai, ingatan mereka akan langsung tertuju ke bisnis kita akibat branding yang memorable

Selain branding, menggunakan website sebagai sarana presentasi resmi juga sangat penting. Melalui website, kita bisa mengenalkan bisnis secara global kepada orang-orang. Apalagi jika website dikemas secara profesional dan diimbangi dengan teknik pemasaran yang handal (SEO, ads, dll), bukan tidak mungkin hal tersebut bisa membantu meningkatkan volume penjualan. 

Terakhir adalah optimasi media sosial. Menurut Mas Afit, untuk mempromosikan bisnis lewat media sosial, tidak cukup hanya dengan rajin posting. Pebisnis masa kini juga perlu menggunakan teknik promosi yang lebih unik. Contohnya bisa dengan menggaet influencer terkenal dan menggunakan jasa iklan untuk meningkatkan insight

Setelah Mas Afit menyelesaikan ‘khutbah-nya,’ acara ini kemudian ditutup dengan coffee break. Dalam sesi tersebut, para peserta bisa saling berkenalan dan membangun networking

Yah begitulah.. Sudah bukan rahasia lagi kalau teknologi selalu berkembang. Maka dari itu, kita harus selalu siap beradaptasi dengan perkembangan dan perubahan yang ada. So, kita tunggu saja workshop lain dari ASUS Business untuk menjawab tantangan berikutnya. 

Rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top