Home » Asuransi » Asuransi Perjalanan dan Manfaat Besar yang Diberikan
Asuransi Perjalanan dan Manfaat Besar yang Diberikan

Asuransi Perjalanan dan Manfaat Besar yang Diberikan

Anda pencinta traveling tentu sadar pentingnya melindungi perjalanan dengan asuransi perjalanan. Lewat asuransi inilah semua risiko selama perjalanan berlangsung tidak membahayakan kondisi finansial.

Misalnya, jika mengalami kecelakaan atau kehilangan koper, maka biayanya akan ditanggung perusahaan asuransi. Seperti saat Anda memproteksi kendaraan kesayangan dengan asuransi mobil Honda, asuransi perjalanan juga akan memberikan perlindungan maksimal selama tertera dalam polis.

Saat bepergian baik ke luar kota maupun luar negeri, tentu saja Anda mendambakan kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan tersebut. Dengan asuransi perjalanan, seluruh harapan itu menjadi jawabannya.

Karena itu, asuransi perjalanan sifatnya penting untuk diperhatikan sebelum melakukan perjalanan supaya perjalanan Anda nyaman dan tidak merasa was-was.

Mengenal Lebih Jauh Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan merupakan jenis asuransi yang memberi ganti rugi jika terjadi risiko di perjalanan.

Seperti diketahui, ada banyak risiko selama melakukan perjalanan, mulai dari kecelakaan, pembatalan perjalanan, keterlambatan bagasi, dan risiko lain yang bisa merugikan nasabah. Dengan asuransi perjalanan, nasabah yang terdaftar akan mendapatkan jaminan perlindungan dari beragam risiko tersebut.

Asuransi perjalanan bisa dibeli secara mandiri dan bisa juga didapatkan sekaligus saat memesan tiket.

Misalnya, tiket pesawat atau kereta api, jika ada risiko penumpang secara otomatis mendapatkan perlindungan asuransi perjalanan, atau Anda bisa membeli asuransi ini secara mandiri jika memang sering bepergian.

Baca Juga:  Pengertian dan Rekomendasi Polis Asuransi Terbaik

Manfaat Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan memberikan banyak manfaat yang sangat besar, di antaranya:

1. Ganti Rugi saat Kehilangan Bagasi

Dalam perjalanan, seperti naik pesawat biasanya penumpang akan menaruh barang bawaan berat di bagasi.

Bagasi ini tentunya dengan sistem dititipkan yang kemudian rawan hilang karena tertinggal, tertukar, dan lain-lain. Asuransi untuk perjalanan memberikan kompensasi untuk risiko ini.

2. Ganti Rugi Penundaan Perjalanan

Penundaan perjalanan bisa saja terjadi dan bisa disebabkan karena kerusakan pada armada, cuaca yang buruk, kerusuhan, dan lain-lain. Jika risiko ini terjadi pemilik asuransi perjalanan tidak perlu gusar karena akan mendapatkan kompensasi.

3. Kompensasi Kehilangan Dokumen

Perjalanan keluar negeri di sejumlah negara membutuhkan paspor sebagai dokumen wajib untuk keperluan administrasi.

Sayangnya, beberapa penumpang mengaku kehilangan paspor dan butuh waktu lama untuk mengurusnya. Sekaligus butuh biaya, maka asuransi untuk perjalanan memberi kompensasi untuk risiko satu ini.

4. Ganti Rugi Biaya Perjalanan Darurat

Karena satu dan lain hal penumpang perlu melakukan perjalanan darurat untuk kembali ke tempat atau negara asal.

Misalnya, ada keluarga yang jatuh sakit atau meninggal. Perjalanan darurat ini kemudian biayanya akan ditanggung oleh asuransi perjalanan.

5. Mengganti Biaya Medis

Dalam perjalanan risiko mengalami kecelakaan cukup tinggi, apapun jenis moda transportasi yang digunakan.

Risiko kecelakaan membuat penumpang menjalani pengobatan di luar kota sampai luar negeri tergantung destinasi perjalanan. Biaya medis ini kemudian ditanggung oleh asuransi.

6. Santunan Kematian dan Cacat Total

Jika nasabah yang melakukan perjalanan mengalami kecelakaan lalu meninggal atau mengalami disabilitas. Maka nasabah berhak mendapatkan santunan atas risiko tersebut, jika meninggal maka santunan diberikan kepada ahli waris.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik?

7. Kompensasi Kerusuhan

Jika di wilayah atau negara tujuan kemudian mendadak ada kerusuhan dan terancam di sana. Maka nasabah yang memiliki asuransi untuk perjalanan yang dilakukan mendapatkan kompensasi kerusuhan.

8. Biaya Hukum

Dalam perjalanan tidak tertutup kemungkinan nasabah akan melukai orang lain, karena menyebabkan orang lain terluka. Sehingga mendapatkan tuntutan hukum, biaya untuk mengatasi tuntutan ini aka ditanggung penyedia asuransi.

9. Perlindungan Tambahan atau Rider

Anda juga bisa membeli perlindungan tambahan atau rider manfaat produk proteksi asuransi perjalanan.

Dengan menambah biaya premi, perusahaan asuransi bisa memberikan perlindungan ekstra sesuai kebutuhan nasabah, seperti, olahraga ekstrem, kondisi rawan perang, atau perlindungan pre-existing condition.

Hal-Hal yang Penting Diperhatikan saat Membeli Asuransi Perjalanan

Sebelum mengetahui cara menghitung premi asuransi dan memutuskan membeli produk asuransi jenis perjalanan, pastikan Anda juga memahami detail produk asuransi apa yang hendak dibeli.

Sebab, beda jenis produk tentu memiliki perbedaan harga, manfaat, hingga pertanggungannya. Lihat apakah jenis perjalanan Anda untuk wisata, kerja, atau kepentingan lainnya sehingga bisa menentukan jenis asuransi perjalanan yang tepat.

Jangan lupa untuk pastikan jangka waktu perjalanan, tempat perjalanan, hingga jumlah tertanggung. Apakah memiliki tujuan ke luar negeri yang rawan konflik atau tidak, juga patut dipertimbangkan karena akan menentukan pengajuan asuransi yang nantinya akan diterima atau tidak.

Selain itu, tempat perjalanan Anda apakah di itinerary nanti akan mengunjungi tempat yang tergolong rawan bencana atau tidak. Lihat juga tujuan perjalanan.

Pasalnya, jika kecelakaan yang terjadi saat berlibur disebabkan oleh kegiatan yang berkaitan dengan hal-hal extreme, seperti banana boat dan paralayang atau lainnya, tentu bisa jadi perusahaan asuransi kurang setuju menerima pengajuan asuransi Anda sehingga tidak bisa meng-covernya.

Baca Juga:  Pengertian dan Rekomendasi Polis Asuransi Terbaik

Itulah pemaparan mengenai asuransi perjalanan, manfaat besar yang diberikan, dan hal-hal penting yang harus diperhatikan sebelum memiliki produk proteksi ini. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top