Home » Teknologi » Canva, Aplikasi Pembuat Poster Gratis Terbaik Dan Cara Menggunakannya
Aplikasi Pembuat Poster

Canva, Aplikasi Pembuat Poster Gratis Terbaik Dan Cara Menggunakannya

Aplikasi Pembuat PosterTahu bagaimana cara buat poster di Canva? Sebagai salah satu aplikasi pembuat poster, Canva memang terbilang cukup populer. Tak heran jika belakangan ini penggunaannya kian diminati banyak orang. Kamu juga?

Membuat poster baik cetak maupun digital sekarang semakin mudah dilakukan. Walau begitu, menciptakan poster yang keren bukanlah keahlian sembarang orang. Untungnya kini ada alternatif yang bisa semua orang gunakan dengan lebih mudah dan gratis, yaitu aplikasi Canva.

Pernah dengar nama aplikasi ini? Merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mendesain secara online. Canva juga dapat dimanfaatkan untuk membuat poster. Bukan cuma yang keren tapi juga menarik. Nah, mau tahu caranya? Berikut informasi lengkapnya yang kami simpulkan dari halaman asusbusiness.id.

Apa Itu Aplikasi Pembuat Poster Canva?

Untuk kamu yang terjun di dunia desain grafis, Canva sepertinya sudah tidak asing lagi. Aplikasi desain ini telah banyak digunakan dan sering direkomendasikan. Bukan hanya oleh para profesional tapi juga untuk para pemula.

Canva sendiri adalah sebuah aplikasi desain grafis berbasis online. Di mana kamu dapat menggunakannya untuk pembuatan poster. Ya, aplikasi ini memiliki beragam fitur yang dapat mendukung kamu dalam membuatnya.

Aplikasi pembuat poster ini bahkan hadir dengan dua versi. Versi pertama adalah gratis dan versi kedua adalah berbayar. Akan tetapi dengan versi gratisnya pun kamu sudah bisa menikmati berbagai fiturnya dengan penggunaan maksimal.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Download di Scribd? Simak di sini!

Melalui aplikasi Canva kamu bisa membuat poster dengan beragam model desain. Kamu juga bisa menentukan sendiri sesuai keinginan. Dan yang terbaik, ada ribuan template yang dapat kamu gunakan mempercantik poster. Mulai dari poster niaga, pendidikan, kesehatan, lingkungan, kegiatan dan lainnya.

Di samping itu selain sebagai aplikasi pembuat poster, Canva juga punya banyak fungsi lain. Salah satunya yaitu untuk mendesain kartu ucapan. Lalu bisa juga untuk membuat brosur, infografik hingga presentasi.

Cara Membuat Poster Menggunakan Canva

Sudah dikatakan bahwa aplikasi Canva cocok bagi para pemula. Itu bukan tanpa alasan. Canva memang mudah digunakan terlebih untuk membuat poster. Mau tahu bagaimana caranya? Kamu bisa perhatikan langkah-langkahnya berikut ini:

Buka Aplikasi dan Daftar/Login Akun Canva

Untuk bisa menggunakan aplikasi pembuat poster ini, pertama kamu harus buka aplikasi dan lakukan login akun. Benar, agar bisa menikmati fiturnya kamu harus punya akun Canva. Jika belum ada, silahkan daftar terlebih dulu. Caranya mudah, kamu bisa daftar dengan akun Google, FB atau registrasi dengan isi data diri.

Baca juga : Aplikasi Desain Logo

Pilih Jenis Desain yang Diinginkan

Setelah akun dibuat atau login dilakukan, maka kamu akan dibawa ke halaman utama. Di sini kamu klik tombol “create a design” untuk membuat desain baru. Lalu pilih jenis visual konten yang diinginkan, yaitu poster.

Cari Template Poster yang Kamu Sukai

Jika jenis desain telah dipilih selanjutnya cari template poster yang dibutuhkan. Masukkan keyword poster yang kamu cari. Misal poster sekolah, penggalangan dana, peluncuran bisnis, layanan masyarakat, lingkungan atau lainnya.

Berikutnya akan muncul beragam desain template yang dapat kamu pilih sesuai keinginan. Klik saja template yang kamu sukai untuk menggunakannya.

Baca Juga:  Cepat dan Mudah! Kamu Harus Tahu 4 Cara Logout Gmail Di HP Ini

Edit Template Desain Poster

Untuk mengedit template poster, lakukan apa pun yang kamu mau. Cobalah otak-atik poster memakai beragam fitur yang ada. Atur ulang berbagai elemen pada halaman untuk menyesuaikan layout. Termasuk memilih skema warna dan latar belakang baru. Serta mencoba beragam jenis font dan kombinasi warna.

Pilih Material Desain

Kalau poster masih dirasa kurang, gunakan juga material desain lain. Tonjolkan poster dengan menambah lebih banyak elemen desain. Telusuri jutaan gambar, ikon, ilustrasi dan stiker untuk poster. Jangan lupakan juga filter dan frame yang bisa kamu coba. Pilih sebagus mungkin agar poster semakin cantik.

Simpan Hasil Poster ke Galeri

Setelah poster selesai dibuat, simpan hasilnya ke galeri. Melalui aplikasi pembuat poster ini, kamu bisa unduh dengan pilihan format. Mulai dari PNG, JPG hingga PDF. Sementara untuk format SVG hanya bisa secara premium.

Keunggulan dan Kelemahan Aplikasi Canva

Berbicara kelebihan dan kekurangan Canva, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan. Apa saja itu? Simak berikut ini:

Keunggulan

  • Dapat Diakses di Android dan Web

Aplikasi pembuat poster yang satu ini tidak hanya untuk PC. Kamu juga bisa mengaksesnya lewat Android. Bahkan penggunaannya bisa tanpa aplikasi. Ya, kamu tidak harus instal aplikasinya saat ingin membuat poster. Karena canva juga dapat diakses melalui web Canva.com.

  • Tampilan Interface Sederhana

Keunggulan lainnya, Canva memiliki tampilan interface yang sederhana. Bisa dibilang, tampilannya ramah untuk pengguna baru. Meski demikian, fitur dan alatnya lengkap serta mudah dipahami.

  • Memiliki Banyak Template

Canva memiliki ribuan hingga ratusan ribu template yang ditawarkan. Setiap harinya bahkan senantiasa bertambah. Hal itu seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna Canva. Jadi kamu tak usah takut akan kehabisan ide.

Baca juga : Cara Logout Gmail Di HP

  • Hadir Dengan Beragam Fitur Bermanfaat

Fitur yang disediakan Canva terbilang lengkap dan sangat bermanfaat. Mulai dari fitur template, background, foto hingga gambar. Ada pula fitur font, logo, unggah foto video dan banyak lagi. Di mana semua itu dapat kamu gunakan, baik secara gratis maupun premium.

  • Format Unduhan Beragam

Keunggulan selanjutnya, Canva menawarkan beragam format unduhan. Yaitu PNG, PDF, JPG, SVG, GIF dan MP4. Jadi sangat memudahkan untuk kamu yang ingin menyimpan poster sesuai kebutuhan.

  • Ruang Penyimpanan Kecil

Aplikasi pembuat poster Canva memiliki ukuran yang kecil. Karena itu, kamu tidak usah mengkhawatirkan soal memori RAM. Ini tidak akan menghabiskan banyak ruang penyimpanan kamu.

Baca Juga:  3 Pilihan Cara Transfer Pulsa Sesama Telkomsel Dengan Cepat dan Mudah

Kelemahan

  • Hanya Bisa Digunakan Secara Online

Tanpa internet, Canva tidak dapat diakses. Dengan kata lain, hanya tersedia secara online. Untuk itu, perlu pastikan koneksi atau sinyal internet kuat dan stabil. Jika tidak, gambar yang telah diekspor mungkin akan gagal.

  • Beberapa Fitur Bersifat Premium

Canva memang kaya fitur. Tapi tidak semua fiturnya itu gratis. Beberapa ada yang berbayar alias premium. Contohnya fitur mengunduh dengan kualitas lebih besar, elemen premium dan beberapa template.

  • Beberapa Warna Buram Saat Diunduh

Tidak semua warna buram saat diunduh, hanya beberapa saja. Seperti warna biru air (#00eded) dan warna biru (#4a00fd). Meski keduanya tampak high quality di tampilan Canva namun saat diunduh terlihat buram.

Alternatif Lain Aplikasi Pembuat Poster

Jika Canva dirasa kurang tepat untuk kamu, ada alternatif aplikasi lain yang bisa dipilih. Fiturnya pun tidak jauh beda dan sama-sama berguna untuk membuat poster. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. PosterLabs
  2. Adobe Spark
  3. Poster Maker & Poster Desygner
  4. PostWrap
  5. Desygner
  6. Postershop

Sederet aplikasi pembuat poster itu fungsinya hampir mirip dengan Canva. Kamu juga bisa menggunakannya untuk membuat poster. Namun jika mau yang terbaik, aplikasi Canva lebih direkomendasikan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top