Home » Teknologi » Cari Aplikasi Desain Logo? Ini Pilihan Terbaik Dengan Adobe Illustrator
Aplikasi Desain Logo

Cari Aplikasi Desain Logo? Ini Pilihan Terbaik Dengan Adobe Illustrator

Aplikasi Desain LogoKamu ingin belajar buat logo? Tapi bingung mau pakai aplikasi desain logo apa? Adobe Illustrator bisa jadi pilihan bagus buat kamu. Dengan aplikasi ini kamu bisa bikin desain logo seperti profesional. Nggak percaya? Yuk, simak di bawah ini.

Logo secara umum dianggap sebagai tanda pengenal dengan bentuk dan gambar unik. Biasa juga disebut lambang untuk ikon label profil. Logo awalnya hanya dipakai sebagai simbol perusahaan. Namun seiring waktu, logo kini juga banyak digunakan untuk suatu organisasi, brand dan banyak lainnya.

Tak ayal jika sekarang ini aplikasi untuk membuat logo semakin banyak digemari. Sebut saja seperti aplikasi Adobe Illustrator. Pernah dengar? Aplikasi ini termasuk salah satu yang sudah populer. Terlebih dengan hasil logonya yang tidak mengecewakan.

Apa Itu Adobe Illustrator?

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Adobe. Nah, Adobe Illustrator ini adalah salah satu aplikasi buatan dari perusahaan yang sama, Adobe Inc. Di mana Adobe Illustrator berfokus pada fungsi desain grafis termasuk logo.

Aplikasi desain logo ini dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems. Merupakan sebuah produk perangkat lunak atau software untuk mengedit gambar berbasis vektor. Yakni tipe gambar yang tidak akan pecah meski diperbesar berkali-kali.

Itulah yang membuat aplikasi Adobe Illustrator cocok dimanfaatkan untuk desain logo. Karena hasil gambar akan terjaga kualitasnya dan tetap terlihat detail. Sehingga kamu bisa bebas menyesuaikannya dengan kebutuhan penggunaan.

Selain logo, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk pembuatan desain lainnya. Seperti ikon, spanduk, banner, tipografi hingga ilustrasi. Hasilnya pun tak kalah memuaskan.

Baca Juga:  Panduan Membuat Daftar Pustaka di Word Secara Otomatis, Tidak Ribet

Kelebihan dan Kekurangan Adobe Illustrator

Melihat dari penggunanya, aplikasi Adobe Illustrator bisa dibilang terkemuka. Aplikasi desain logo ini telah banyak digunakan oleh profesional. Fitur yang ditawarkannya pun sangat mumpuni untuk pembuatan logo.

Namun di samping itu, aplikasi ini juga punya kelebihan dan kekurangan. Apa saja itu? Kamu bisa mengetahuinya sebagai berikut:

Baca juga : Cara Logout Gmail Di HP

Kelebihan

Poin plus yang dimiliki Adobe Illustrator tidak main-main. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan dibanding beberapa aplikasi sejenis. Antara lain yaitu:

  • Terintegrasi dengan Produk Adobe Lainnya

Adobe diketahui mempunyai cukup banyak produk. Dan untungnya, aplikasi Adobe Illustrator dapat terintegrasi dengan beragam produk itu. Mulai dari Adobe Photoshop, Adobe After Effect, Adobe Bridge hingga Adobe Lightroom.

  • Hasil Gambar Berkualitas

Sebagai aplikasi berbasis vektor, hasil gambarnya tentu tak usah diragukan. Aplikasi desain logo ini dapat menghasilkan karya yang berkualitas. Gambar dan detailnya pun tajam.

Berbagai warna yang disediakan juga sangat baik dan halus. Kamu akan mendapat kepuasan tersendiri saat mendesain logo dengan aplikasi ini.

  • Dapat Cetak Gambar Beresolusi Tinggi

Jika khawatir gambar mungkin pecah saat dicetak, aplikasi ini pas buat kamu. Menggunakan Adobe Illustrator kamu bisa peroleh gambar beresolusi tinggi. Logo yang telah dibuat dapat dicetak dengan tetap terjaga kualitasnya.

Hasil print nantinya hampir mendekati tampilan di layar monitor saat diedit. Warnanya pun tidak akan jauh beda dari yang sudah dipilih.

  • Memiliki Beragam Fitur Berguna

Aplikasi Adobe yang satu ini menawarkan beragam fasilitas menarik. Proses untuk editingnya bisa dilakukan lebih mudah dan cepat. Fiturnya benar-benar bisa diandalkan untuk memudahkan mendesain logo.

Salah satunya yaitu fitur export ke format vektor dengan format file SVG. Lalu ada juga fitur layer. Fungsinya untuk memisahkan objek satu dengan lainnya.

  • Cocok Untuk Ilustrasi dan Kartun

Adobe Illustrator selain untuk aplikasi desain logo juga cocok untuk ilustrasi. Aplikasi ini bisa kamu gunakan pula untuk pembuatan ilustrasi dan kartun. Ada berbagai fitur yang mendukung untuk dapat kamu gunakan. Yang paling menarik, karya kamu juga menghasilkan drop shadow maksimal.

Baca Juga:  Unleash The Legend Inside, Laptop Gaming ROG Terbaru dengan 12th Gen Intel® Core™ Launching di Indonesia!

Baca juga : Cara Video Call WhatsApp Web

  • User Friendly dan User Interface

Memiliki menu dan toolbar yang sederhana, aplikasi ini sangat user friendly. Tampilan interface-nya pun terlihat ramah untuk mata pengguna. Jadi kamu bisa mengakses beragam fiturnya dengan mudah dan nyaman.

Kekurangan

Walau memiliki banyak keunggulan, bukan berarti Adobe Illustrator sempurna. Aplikasi ini juga punya sejumlah kekurangan. Di antaranya yaitu:

  1. Pengerjaan layout terbilang cukup ribet meski fiturnya lengkap.
  2. Instalasi aplikasi harus didukung PC atau laptop yang sesuai dengan desain.
  3. Tidak terlalu baik dalam penggunaan fitur power clip.
  4. Gambar yang ditampilkan terlihat tidak realistis.
  5. Untuk mengedit dan memberi efek pada gambar cukup susah.

Cara Menggunakan Adobe Illustrator

Logo yang bagus mungkin dibuat oleh profesional. Tapi siapa pun berkesempatan untuk membuatnya. Salah satu caranya yaitu dengan aplikasi desain logo Adobe Illustrator. Kamu bisa gunakan aplikasi ini dengan mengikuti caranya sebagai berikut:

  1. Pertama kamu harus punya gambaran dulu. Kira-kira seperti apa logo yang ingin dibuat nantinya.
  2. Jika sudah, masuklah ke aplikasi Adobe Illustrator di PC/laptop.
  3. Buat file baru dengan pilih menu File lalu New. Atau bisa juga dengan langsung tekan ctrl + N untuk membuat halaman baru.
  4. Pada bagian new document, kamu bisa klik opsi A4. Lalu buat nama file untitled-1 atau dapat kamu ubah sesuai keinginan, dan klik create.
  5. Berikutnya, buka file hasil jepretan gambar fisik yang sebelumnya sudah kamu buat. Kemudian sematkan pada lembar kerja.
  6. Setelah itu, klik Pen Tool. Di sini kamu bisa tinggal mengikuti garis yang ada di gambaran kamu tadi.
  7. Gunakan juga Pathfinder Tool dan Shape Tool. Kedua alat ini dapat membantu kamu menyempurnakan bentuk yang digambar dengan Pen Tool.
  8. Selanjutnya pilih color picker atau di shortcut bisa langsung klik “I” saja.
  9. Kalau ingin memberi garis di bagian luar gambar yang berwarna, klik Stroke lalu pilih warna yang diinginkan.
  10. Setelah logo selesai dibuat, simpan dengan tap File, Export dan pilih folder. Kamu bisa simpan hasilnya untuk dijadikan ke format PNG atau JPEG, sesuai keinginan.
Baca Juga:  Ternyata Berikut Cara Memperbesar Ukuran Foto Online

Alternatif Pilihan Aplikasi Desain Logo

Nah, sekarang kamu tahu kan bagaimana Adobe Illustrator itu? Kemampuan dan fiturnya memang sangat mendukung untuk desain logo. Namun sayangnya tidak semua orang punya perangkat komputer yang sesuai.

Tapi kamu tak perlu khawatir. Ada banyak kok aplikasi desain logo lain yang fungsinya mirip. Aplikasi-aplikasi itu antara lain:

  1. Canva. Aplikasi desain grafis satu ini memang multifungsi. Kamu bisa mendapat banyak fitur dan penggunaan yang lebih spesifik di aplikasi ini.
  2. Corel Draw. Memiliki keunggulan penggunaan yang ringan dan mudah. Aplikasi ini penuh dengan tools yang user friendly. Cocok bagi pemula.
  3. Logo Maker Plus. Sesuai namanya, aplikasi ini memiliki banyak nilai plus. Kamu bahkan bisa menambahkan grafik dan melakukan segala hal lainnya.
  4. Inkscape. Aplikasi ini dapat digunakan gratis. Walau begitu, kemampuan fitur desainnya tidak perlu diragukan. Bisa jadi pilihan bagus buat kamu.

Bagi yang butuh rekomendasi laptop untuk desain bisa baca review laptop asus expertbook b9400 untuk yang digunakan untuk kerjaan desain.

Dalam sekali coba, hasil logo mungkin kurang memuaskan. Tapi itu tak masalah. Kamu bisa gunakan aplikasi desain logo sebagai tempat belajar. Dengan mencoba mengotak-atik, hasil logo kamu pasti akan semakin bagus.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top